Looking for some information of robot? You choose the right one

Sabtu, 11 Februari 2012

Pengenalan robot


hai kawan-kawan di posting kali ini gw akan share tentang pengenalan 
robot dan komponen komponen dasar robot, oke let's check it out!


1. Apakah Robot itu?
Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu. 

 2. Tujuan Dari Robot?
         Menciptakan tenaga kerja yang berkinerja tinggi dan dapat bekerja 24 jam.
         Untuk menjalankan pekerjaan yang memerlukan ketelitian tinggi.
         Menggantikan manusia dalam pekerjaan yang bersifat selalu berulang-ulang
         Untuk dapat bekerja pada tempat yang berbahaya bagi manusia
         Sebagai media entertainment (hiburan) bagi manusia
  
    3. Bentuk Dan Jenis Robot?

•     Humanoid       : Bentuk robot ini menyerupai manusia. Memiliki dua kaki, memiliki tangan, seperti manusia.
    Animaloid       : Bentuk robot ini menyerupai binatang, memiliki prilaku seperti binatang dan bergerak seperti binatang.
     Mesin              : bentuk robot ini biasanya tergantung kebutuhan atau fungsi robot itu.
    Vehicles          : bentuk robot ini memiliki roda.


  
 4. Cara Membuat Robot?

Dalam pembuatan Robot dilakukan 3 Tahap yaitu:

  1. Tahap Mekanik
Ditahap ini robot dibuat bentuk dan rangkanya terlebih dahulu dengan mempertimbangkan banyak hal.   Dan rancangan bentuk harus  sesuai dengan tujuan utama robot itu dibuat untuk apa

  1. Tahap Elektronika
            Ditahap ini, robot dilengkapi dengan elektronika yang akan digunakan untuk bergeraknya robot. Termasuk Motor Roda,MC, Sound Detector, Optocoupler, Sensor sensor.
Untuk pembuatan rangkaian elektronika ini dapat dengan menggunakan perhitungan atau juga tersedia di internet.

  1. Tahap Programing
            Tahap ini merupakan tahap terakhir yang dilakukan karena untuk melihat hasil dari tahap ini harus melewati 2 tahap sebelumnya.
            Tahap programing ini juga memiliki tahapan tersendiri yaitu pembuatan Algoritma, Pembuatan Kode Program, Kompilasi Program Dan Download Program ke MicroControler.


Microcontroler, Sensor Dan Komponen

         Sensor merupakan sebuah tools yang digunakan untuk mendeteksi suatu element. Yang ada pada robot Unila, terdapat 2 Sensor, yaitu sensor jarak (Ultrasonic Ping) dan sensor panas(TPA81).
         Komponen yang digunakan pada robot ini yaitu Microcontroler Place Holder, Rangkaian Optocoupler, Motor Driver, Sound Activation, Relay on-Off dan Power Suplay

Microcontroller
         Microcontroller ialah sebuah komponen elektronika yang digunakan untuk mengatur gerak robot dengan cara diprogram. MicroControler ini juga dapat disebut sebagai sebuah Otak dari robot. Karena dengan microcontroler inilah robot dikendalikan.
         Microcontroler yang saat ini menjadi favorit ialah jenis AtMega8535, Atmega16, Atau Atmega32.

IC Microcontroler atmega 8535 dan sejenisnya ini dapat di isi program hasil Kompilasi sebuah bahasa pemrograman yang disebut C AVR.

            Jadi setiap perintah yang akan robot lakukan kita setting dengan bahasa pemrograman C. kemudian hasil kompilasi dari bahasa C ini kita Masukan ke Microcontroler  dengan menggunakan sebuah alat yang diberi nama Donwloader.



  5. PENGENALAN DENGAN MICROCONTROLER(Ī¼C)


  1. Karakteristik Utama Microcontroler

Microcontroler adalah sebuah device elektronika yang sangat penting dalam dunia robotika saat ini. Dimana komponen ini berperan sebagai sebuah otak sebuah robot. Didalam MC terdapat juga microprosesor yang memproses data input dan menghasilkan data output.

Data Input ialah data yang dihasilkan dari luar dan masuk sebagai sebuah data yang akan di proses dalam sebuah microcontroler. Dimana proses  dalam microcontroler ini meliputi penerjemahan input-periksa kondisi-Prosesi-ouput.Sebagai sebuah contohnya dalam aplikasi robot yaitu. Sebuah sensor panas mendeteksi panas sebesar 45o, kemudian data ini masuk kedalam microontroler dan diterjemahkan oleh Microprosesor dan kemudian diperiksa kondisi yang akan dikeluarkan sebagai data output, suhu 45o merupakan suatu kondisi, kemudian jika kondisi yang diharapkan oleh programer yaitu jika suhu lebih besar dari 40o  maka output yaitu menghidupkan kipas, dan kondisi diatas dimana suhu 45o lebih besar dari 45o maka data keluaran adalah menghidupkan kipas.

Dalam pembahasasn ini dan seterusnya Microntroler yang digunakan adalah AtMega8/8535/16/32.dari ke 4 Jenis MC ini hanya AtMega 8 yang memiliki kaki lebih sedikit dari yang lainya. Hanya memiliki 28 Pin kaki sedangkan AtMega 8535/16/32 memiliki 40 Pin (kaki). Pada AtMega 8 Tidak terdapat PORTA seperti Atmega Lainya sedangkan yang tersedia hanya PORTB,PORTC,PORTD. Namun karakteristik MP(Microprosesor) dari 4 jenis MC ini hampir sama persis hanya kapasitas memorynya yang berbeda, sehingga dalam penulisan kode programnya tidak ada bedanya.
Berikut adalah karakteristik dari masing masing atmega:


AtMega8535/16/32

Pada gambar diatas dapat dilihat setiap Pin(Kaki) memiliki nama-nama. Dan nama-nama tersebut memiliki fungsi khusus. Seperti OCR1A sebagai penghasil pulsa dalam nilai 10 Bit(0-1023), OCR1B, INT(Interupt) sebagai penerima pulsa dengan besar nilai Interger 16 Bit (0-65535). Namun semua Pin juga memiliki kesamaan fungsi yaitu dapat sebagai input atau sebagai Output bergantung dari kode program yang ditulis.


  1. Hubungan Bahasa C AVR Dan Microcontroler 

Bahasa C, ialah salah satu dari sekian bahasa pemrograman yang dapat dimengerti oleh Microcontroler. Software yang biasa digunakan adalah software AVR STUDIO dan CodeVision, antara AvrStudio dan Code Vision terdapat beberapa penulisan kode Program yang berbeda, sehingga jika dicompile dapat terjadi error yang dapat membuat anda bingung nantinya.


 oke sampe sini dulu posting gw mengenai robot beserta komponennya, tapi masih banyak lagi informasi dan perkembangan dunia robotik di posting-posting gw berikutnyaaaa, jangan lupa rajin visit kesini dan commentnya!! 

1 komentar:

  1. wahh robot memang hebat, yg punya blog udah pernah buat robot blm? :)

    BalasHapus

The Alien